Ragam Karya Seni Rupa

Ragam Jenis Karya Seni Rupa

Ragam Karya Seni Rupa – Sebagai cabang seni yang bisa dilihat dan diraba oleh alat indra manusia, seni rupa memiliki beberapa jenis tertentu yang perlu kamu ketahui. Seni lukis merupakan salah satu contoh seni rupa yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang.

Jika dilihat dari fungsinya, ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sementara itu, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa juga terbagi tiga, yaitu seni rupa 2, seni rupa 3 dimensi dan seni 4 dimensi.

berikut ini kami akan mendefinisikan untuk anda Ragam jenis karya seni rupa, diantaranya.

Jenis karya seni rupa menurut wujudnya, yakni dua dimensi, tiga dimensi, dan empat dimensi.

1. Dua dimensi

Karya seni dua dimensi atau disebut juga karya dwimatra adalah karya yang hanya dapat dinikmati dari satu arah, yakni arah depan. Pasalnya, jenis karya ini hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Adapun contoh karya dua dimensi adalah lukisan, gambar, foto, tenunan, dan batik.

2. Tiga dimensi

Jenis karya seni tiga dimensi atau disebut karya trimatra adalah karya yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Karya tiga dimensi juga memiliki volume sehingga wujudnya bisa dinikmati dari berbagai arah.

Contoh karya trimatra adalah patung bangunan, boneka, dan beragam jenis desain produk lainnya.

3. Empat dimensi

Karya seni empat dimensi atau disebut juga time-based art (karya seni rupa berbasis waktu). Karya ini mencakup seni rupa yang diproyeksikan di dinding, seni rupa pertunjukan yang melibatkan perupa beraksi, dan seni rupa media baru (new media) bersifat interaktif.

Jenis Karya Seni Rupa menurut Fungsinya

Menurut fungsinya, karya seni dibagi menjadi karya seni rupa murni dan terapan.

1. Karya seni rupa murni

Karya seni rupa murni merupakan karya seni yang dibuat dengan niat untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan rasa indah atau rasa estetis. Namun tanpa maksud untuk memenuhi kegunaan atau fungsi yang bersifat praktis.

Contoh karya seni rupa murni dapat dilihat pada lukisan, patung, tapestri, atau karya seni rupa lain yang diniatkan semata sebagai ekspresi rasa estetis.

2. Karya seni rupa terapan

Karya seni rupa terapan merupakan karya seni yang dibuat dengan maksud utama untuk memenuhi fungsi atau kegunaan yang bersifat praktis.

Adapun contoh karya seni rupa terapan adalah jenis-jenis karya desain dan seni kriya, seperti poster, spanduk, desain sampul buku, logo, perabot, kendaraan, dan karya arsitektur.

Jenis Karya Seni Rupa menurut Teknik Pembuatan

Berdasarkan teknik pembuatannya, jenis karya seni terbagi menjadi beberapa kategori.

1. Karya seni rupa dengan teknik goresan/sapuan warna

Seni rupa dengan teknik goresan atau sapuan warna dibagi menjadi tiga, yakni seni gambar, seni lukis, dan seni kaligrafi.

a. Seni gambar

Seni gambar biasanya didominasi oleh goresan linear yang dihasilkan pensil, pena, atau marker. Namun, ciri teknis ini tidak mutlak sebab gambar juga bisa didominasi pengecatan seperti lukisan.

Seni gambar atau disebut juga gambar saja terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan karakter spesifiknya, yakni gambar bentuk, model, ilustrasi, proyeksi dan perspektif, dekorasi, sketch, dan imajinasi.

b. Seni lukis

Seni lukis didominasi dengan pengecatan warna pada bidang medium. Namun sama seperti seni gambar, seni ini juga tidak mutlak.

Seni lukis secara tradisional dibagi berdasarkan bidang lukisnya menjadi seni lukis easel yang muat ditopang easel dan seni lukis mural di permukaan bangunan.

Umumnya seni lukis dikategorikan berdasarkan bahan pewarnanya, seperti seni lukis cat minyak, akrilik, guoache, cat air, tempera, tinta, pastel, mixed-media, dan encaustic.

c. Seni kaligrafi

Kaligrafi merupakan seni tulis indah yang menjadi penampung gagasan dan berfungsi estetis. Namun saat ini, seni kaligrafi tidak hanya pada tulisan indah yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dalam menggoreskan rangkaian huruf, tetapi juga mencakup seni kaligrafi yang dihasilkan melalui program komputer.

2. Karya seni rupa dengan teknik cetak

Jenis karya seni rupa teknik cetak umumnya disebut dengan seni grafis atau printmaking. Proses pembuatan karya seni grafis dimulai dengan membuat citraan yang disebut klise, kemudian dilakukan pencetakan.

Berdasarkan jenis klisenya, seni grafis dibedakan atas cetak tinggi atau timbul, cetak dalam, dan cetak tembus. Seni fotografi juga menggunakan teknik cetakan, tetapi berdiri sendiri dan tidak dikelompokkan sebagai seni grafis.

3. Karya seni rupa dengan teknik ukir

Jenis karya seni rupa dengan teknik ukir dibentuk dengan cara memahat atau menoreh bagian yang akan dibuang dari material untuk merupa bentuk yang diinginkan.

Karya ukiran dua dimensi disebut relief, sedangkan karya ukiran tiga dimensi disebut patung.

4. Karya seni rupa dengan teknik anyam, tenun, dan rajut

Karya seni rupa dengan teknik anyam dan tenun adalah teknik berkarya dengan menyilangkan antara material yang digunakan. Di Indonesia sendiri, seni anyam merupakan kegiatan turun-temurun dalam tradisi.

5. Karya seni rupa dengan teknik sulam

Seni rupa sulam dibuat dengan cara menjahit menggunakan tusuk hias benang, pita, payet, dan variasi bahan lainnya. Adapun warna dan motif yang diterapkan pada kain dibuat bervariasi sesuai dengan kreativitas seniman.

6. Karya seni rupa dengan teknik tempel

Karya seni rupa dengan teknik tempel dibagi menjadi tiga yakni, mosaik, kolase, dan montase.

a. Mosaik

Mosaik adalah karya seni yang dibuat dengan menempel potongan-potongan material dengan memanfaatkan warna bawaan material untuk membentuk objek yang diinginkan.

b. Kolase

Rapper Yung Jake membuat beragam wajah selebriti dari kolasi emoji yang biasanya dibuat bertukar pesan di media sosial dan ponsel.Ilustrasi. Mengenal jenis karya seni dan contohnya, salah satunya seni kolase (Foto: Dok. Instagram/Seinfeld2000)

Kolase adalah jenis karya seni rupa yang dibuat dengan menempel potongan, pecahan, atau kepingan material seperti kertas, kaca, tegel, kerang, kulit kayu, dan lainnya untuk menjadi bagian dari bentuk yang hendak digambarkan.

c. Montase

Montase merupakan jenis karya seni yang dibuat dengan menempelkan kertas atau bahan tempelan yang berisi gambar atau foto.

Semua ragam jenis seni rupa ini adalah seni yang diciptakan dari ide dan hati yang selalu memberikan yang terbaik dalam bentuk karya yang di ciptakan.

Author: emart